Pengenalan PLC

.
Programmable Logic Controller merupakan sebuah alat kendali berbasis mikroprosesor yang memanfaatkan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi dan untuk mengimplementasikan fungsi-fungsi seperti logika, sekuensial, pewaktuan, pencacahan guna keperluan otomasi permesinan dan sistem manufaktur. Dalam perkembangannya, PLC dengan teknologi yang canggih pemrosesan PID maupun fuzzy logic pun juga sudah memungkinkan. Jika dibandingkan microcontroller, PLC jauh lebih mudah digunakan dan sudah dikenal secara umum oleh kalangan industri.

Secara umum PLC diklasifikasikan menjadi 2 jenis utama, yaitu Compact dan Modular. Pada jenis compact, seluruh bagian vital PLC sudah tercakup di dalamnya (CPU, memori, modul I/O dan catu daya), namun jumlah I/O maupuun memorinya terbatas. Sementara itu pada jenis modular, komponen dasar sebuah PLC merupakan bagian yang tgerpisah satu sama lainnya dan penggunaannya dapat disesuaikan kebutuhan. Pada umumnya PLC jenis modular memiliki opsi untuk penambahan jumlah I/O maupun memori. Penggunaan PLC jenis compat terbatas untuk sistem yang sederhana, sedangkan jenis modular dikhususkan untuk sistem yang lebih kompleks menuntut kehandalan tinggi.


Gambar diatas merupakan salah satu jenis PLC buatan Mitsubishi. PLC jenis ini juga masih banyak digunakan dalam dunia industri / pabrik.


Konsep dari PLC  sesuai dengan namanya adalah sebagai berikut :

  • Programmable : menunjukkan kemampuannya yang dapat dengan mudah diubah-ubah sesuai program yang dibuat dan kemampuannya dalam hal memori program yang telah dibuat.
  • Logic : menunjukkan kemampuannya dalam memproses input secara aritmetik (ALU), yaitu melakukjan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi dan negasi.
  • Controller : menunjukkan kemampuannya dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.
Sistem PLC mengintegrasikan berbagai macam komponen yang berdiri sendiri menjadi suatu sistem kendali terpadu dan dengan mudah merenovasi tanpa harus mengganti semua instrumen yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar